MEMBUAT KOTA PINTAR MENJADI NYATA

paris 6
22 04-2016
MEMBUAT KOTA PINTAR MENJADI NYATA

Kota pintar atau smart city memiliki kemampuan untuk mengubah mindset dalam hidup, bekerja, dan bermain. Mulai dari pengelolaan pembuangan limbah, hingga perubahan yang tidak terbatas untuk menjadi lebih baik. Smart city tidak hanya mengubah cara masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan, tapi akan membuat terobosan besar dalam meningkatkan kualitas hidup.

Dalam keberhasilan smart city perlu adanya relasi dan membangun kemitraan antara publik dengan swasta sehingga mampu mengelola layanan berbasis teknologi agar dapat terhubung.

Banyak perbincangan mengenai smart city yang identik dengan teknologi canggih yang digunakan, apakah mampu teknologi hidup berdampingan dengan kehidupan manusia karena kekhawatiran terhadap gangguan jaringan yang merupakan modal utama sebuah teknologi itu berjalan.

Fasilitas WiFi

Mengingat seberapa sering masyarakat sudah menggunakan WiFi, itu menjadi fasilitas layanan yang diharapkan di semua tempat, mulai dari warung kopi da taman-taman yang tersedia di antara gedung-gedung yang menjulang tinggi yang membuat pengguna terus terhubung. Mengintip contoh di London yang menyediakan hotspot WiFi di 250 stasiun.

Memperbanyak titik hotspot ini mampu meningkatkan komunikasi secara keseluruhan antara masyarakat, pusat pemerintah, dan layanan publik yang menggunakan jaringan internet.

Memahami kota pintar

Terkait dengan kebutuhan konektivitas merupakan bagaimana Anda membangun jaringan untuk dimanfaatkan dengan baik. Di sinilah pemanfaatan aset kota dapat digunakan untuk menginstal beberapa teknologi yang dibutuhkan untuk menyatukan konektivitas kota cerdas.

Dengan memahami aset yang tersedia, hal ini membantu menginformasikan pelayanan publik untuk digunakan. Misalnya, jika lampu jalan yang akan dilengkapi dengan teknologi sel kecil, kemudian bus yang beroperasi pada rute tersebut, maka akses ke informasi arus lalu lintas dapat diakses.

Akhirnya, itu adalah kunci untuk membangun model kemitraan publik atau swasta untuk pengembangan kota pintar dan menciptakan infrastruktur komunikasi yang berkelanjutan. kota pintar tidak hanya berdasarkan pendanaan publik, penawaran kemitraan swasta dan dukungan masyarakat juga diperlukan sehingga kota pintar yang diidamkan dapat terwujud. (Sumber : itproportal.com)

Related article

  • Geografi Penduduk
    14 11-2017
    Banyaknya penduduk membuat kota semakin sempit

    Kota adalah tingkat pemerintahan terdekat dengan rakyatnya. Mereka lebih baik diposisikan untuk mendengarkan kebutuhan riil penduduknya dan untuk memecahkan masalah global. Kota-kota memiliki tugas untuk menerjemahkan kerangka kerja global dan kebijakan regional menjadi tindakan nyata…

    Read more...
  • Digital-marketing-for-start
    14 03-2017
    Membangun Identitas Digital Indonesia

    Trust atau kepercayaan adalah dasar dari suatu bangunan masyarakat dimana hubungan sosial ekonomi dibangun atas dasar saling mempercayai baik secara langsung atau melalui pihak ketiga. Praktik jual beli, pernikahan, pertemanan, ikatan kerja, kontrak kerjasama, merupakan bentuk…

    Read more...
  • Seoul02
    04 10-2016
    Faktor Manusia Lebih Dominan Dari Teknologi Dalam Wujudkan Kota Pintar

    Alat pintar dengan teknologi baru cenderung bermunculan untuk mengisi di berita utama, sementara itu pakar industri mendesak para pemimpin kota untuk lebih fokus dalam mewujudkan kota pintar dengan warganya, bukan hanya dengan teknologi. Baru-baru ini…

    Read more...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *