Asian Games Memberikan Manfaat Bagi Pertumbuhan Ekonomi

Asian Games Gerakkan Ekonomi
25 01-2018
Asian Games Memberikan Manfaat Bagi Pertumbuhan Ekonomi

Jika dikelola dengan baik, ajang Asian Games Jakarta-Palembang 2018 tidak hanyak mendatangkan manfaat dari aspek olahraga, tetapi juga memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi.

Status sebagai tuan rumah Asian Games2018 diharapkan tidak hanya mendorong kemajuan olahraga Tanah Air, tetapi juga memberikan manfaat yang lebih optimal bagi pertumbuhan ekonomi. Bahkan, ajang ini bisa menjadi panggung bagi peradaban Indonesia.

Asian Games 2018 yang digelar 18 Agustus –  2 Sepetember akan di ikuti 45 negara. Sejumlah 40 cabang, 67 disiplin, dan 462 nomor dipertimbangkan di dua kota, Jakarta dan Palembang. Ajang ini akan diikuti hingga 15.000 atlet dan ofisial. Sebagai tuan rumah, investasi yang ditanmkan pemerintah Indonesia mencapai Rp 30 triliun.

“kita berinvestasi di stadion yang baru direnovasi, arena akuatik, arena di Palembang, lalu wisma atlet. Kalau dihitung, semua investasi itu mencapai Rp 25 triliun. Termasuk LRT (light rail transit) di palembang, Jakarta, itu bisa mencapai Rp 30 triliun,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rabu (24/1), dikantor Wapres.

Dengan investasi yang cukup besar itu, pemerintah menargetkan tiga sukses Asian Games, yakni sukses pembangunan arena, sukses penyelenggaraan, dan sukses prestasi, dengan target menembus peringkat 10 besar.

“kita optimalkan tiga upaya ini, venue, penyelenggaraan, dan prestasi bisa kita capai,” kata Wapres Kalla, yang juga menjabat Ketua Dewan Pengarah Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc).

Di luar aspek olahraga itu, pemerintah menyadari ajang Asian Games bisa memberikan dalam ekonomi serta menjadi panggung peradaban Indonesia dimata dunia internasional. Terlebih, ajang ini disiarkan langsung di sejumlah negara.

Related article

  • Indonesia dan Australia Bikin Kolaborasi Kembangkan Smart City
    01 02-2018
    Indonesia dan Australia Berkaloborasi Mengembangkan Smart city, Serta Tingkatkan Pendidikan di Indonesia

    Pemerintah Indonesia dan Australia bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan University of Technologi Sydney (UTS) bekerja sama dalam mengembangkan smart city (kota pintar). Ide kota pintar ini akan diterapkan di Indonesia dalam waktu dekat.

    Read more...
  • Duplikasi Jembatan Jatiwaringin Telah Diresmikan
    30 01-2018
    Duplikasi Jembatan Jatiwaringin Telah Diresmikan

    Pemerintah Kota (Pemkab) Bekasi meresmikan Jembatan duplikasi atau Flyover Jatiwaringin,  Kecamatan Pondok Gede, (senin 29/1). Dengan ditandatangani prasasti oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi maka duplikasi Jembatan Jatiwaringin sudah bisa digunakan oleh warga masyarakat.

    Read more...
  • Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemkab Bekasi Meningkat
    29 01-2018
    Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemkab Bekasi Meningkat

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mendapat peningkatan kenaikan nilai dalam pengelolaan Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Tahun 2017 dari Kemenpan RB Republik Indonesia. Kenaikan ini diperoleh sebagaimana hasil evaluasi yang dilakukan kemenpan RB RI dengan tim evaluator…

    Read more...

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *